Yamaha X-Ride, Tangguh Luar Biasa Untuk Kawula Muda
Jakarta, 17 Maret 2014 - Yamaha
Indonesia Motor Manufacturing adalah sebuah perusahaan yang memproduksi sepeda
motor. Perusahaan ini didirikan pada 6 Juli 1974. Pabrik sepeda motor Yamaha
mulai beroperasi di Indonesia sekitar tahun 1969, sebagai suatu usaha perakitan
saja, semua komponen didatangkan dari Jepang. Yamaha Indonesia Motor
Manufacturing telah banyak mengeluarkan produk sepeda motor yang laku
dipasaran, yaitu : Yamaha RX King, Yamaha Crypton, Yamaha Scorpio, Yamaha
Jupiter, Yamaha Nouvo, Yamaha Vega R, Yamaha Jupiter Z, Yamaha Mio. Yamaha
Nouvo Z, Yamaha Soul, Yamaha Lexam, Yamaha Xeon, Yamaha Scorpio Z, Yamaha
Jupiter MX, Yamaha V-Ixion, Yamaha Vega ZR, Yamaha Byson, Yamaha Mio J, Yamaha
Mio Fino, Yamaha Jupiter Z1, Yamaha Soul GT, Yamaha Xeon RC, Yamaha Mio GT, Yamaha
X-Ride.
Target khalayak yang dituju oleh Yamaha
Indonesia Motor Manufacturing adalah seluruh masyarakat Indonesia. Namun Yamaha
Indonesia Motor Manufacturing juga membuat pengkelompokan pada target khalayak
mereka. Contohnya : Target khalayak sepeda motor Yamaha Mio awalnya adalah para wanita,
target khalayak sepeda motor Yamaha RX King dan sepeda motor Scorpio
adalah para pria yang ingin mengendarai motor berkopling, target khalayak
sepeda motor Yamaha Soul, sepeda motor Yamaha Xeon, dan sepeda motor Yamaha
X-Ride adalah anak muda yang senang memodifikasi motor mereka dan anak muda
yang menyukai kecepatan yang lebih tinggi dari motor matic sejenis lainnya.
Banyak program menarik yang telah
dibuat oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dalam mempromosikan produknya.
Salah satu cara Yamaha Indonesia Motor Manufacturing membuat masyarakat ingat
dengan produknya adalah dengan slogannya yaitu, “Yamaha Selalu Terdepan”.
Selain itu, iklan – iklan yang dibuat juga selalu menarik, contohnya iklan
sepeda motor Yamaha Jupiter Z yang memakai bintang pembalap terkenal yaitu
Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo pada iklan sepeda motor Yamaha Xeon RC.
Namun, saya kali ini saya akan membahas program kreatif dan pengkondisian
program dari produk sepeda motor Yamaha X-Ride.
Sepeda motor Yamaha X-Ride adalah
sepeda motor matic terbaru yang diproduksi oleh Yamaha Indonesia Motor
Manufacturing. Sepeda motor Yamaha X-Ride disempurnakan teknologi Yamaha
Mixture Jet Fuel Injection (YMJet FI), Forged Piston dan DiAsil Cylinder
sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih irit dan lebih kencang. Shock breaker
depannya lebih panjang, sama halnya dengan shock breaker belakang yang lebih
panjang plus diameter lebih besar dengan tipe twin tube. Body sepeda motor Yamaha
X-Ride juga sangat unik, berbeda dari motor matic lainnya. Sepeda motor Yamaha
X-Ride sangat cocok untuk kawula muda yang senang memodifikasi bentuk body
motornya. Tanpa dimodifikasi pun sepeda motor Yamaha X-Ride sudah sangat sangar
dan menarik. Ditambah lagi laju kecepatan sepeda motor ini sangat kencang, itu
kan menjadi daya tarik dari sepeda motor Yamaha X-Ride.
Dalam promosinya, sudah banyak
program yang dibuat untuk memperkenalkan sepeda motor Yamaha X-Ride pada
masyarakat. Sudah banyak iklan sepeda motor Yamaha X-Ride, yang saya ketahui
sampai saat ini iklannya sudah mencapai 3 macam dengan tema yang berbeda. Dari
sisi pengiklanan, iklan dari sepeda motor Yamaha X-Ride sangat menarik. Dalam
iklan tersebut menunjukan kecanggihan dari sepeda motor Yamaha X-Ride, yaitu pada
bodynya yang sangat unik dengan perpaduan warna yang menarik dan sangat cocok,
kemampuan sepeda motor Yamaha X-Ride dalam melewati kontur jalanan yang tidak
mulus namun tetap nyaman digunakan, dan kecepatan yang tinggi, hingga bensin
yang sangat irit.
Selain itu, Yamaha Indonesia
Motor Manufacturing pernah membuat event untuk mempromosikan sepeda motor
Yamaha X-Ride. Salah satu event yang telah dilakukan adalah “Adventure bersama
X-Ride”. Event ini diadakan di Bukit Hambalang, Sentul, Bogor, pada tanggal 9 -
10 November 2013. Event ini diikuti oleh ratusan peserta X-Race (X-Ride
Adventure Challenge). Event ini diadakan untuk menguji ketangguhan sepeda motor
Yamaha X-Ride agar masyarakat semakin percaya bahwa produk sepeda motor Yamaha
X-Ride ini sangat layak untuk digunakan. Selain itu, event ini juga bertujuan
untuk bersilahturahmi antar pengguna sepeda motor Yamaha X-Ride. Event ini juga
menghadirkan hadiah jutaan rupiah dan gelar juara umum yang berhak atas piala
bergilir, sudah menanti mereka yang sanggup jadi yang terbaik dalam tantangan
time trial. Tidak kalah serunya 50 undian doorprize untuk semua peserta, dengan
hadiah utama satu unit Toyota Etios Velco JX dan satu unit Yamaha Force.
Saran untuk program – program selanjutnya adalah
sebaiknya membuat event yang mengandung nilai human relations. Agar masyarakat
semakin tertarik dan simpatik dengan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Selain itu, event
yang mengandung nilai human relations akan memberikan keuntungan bagi
lingkungan sekitar. Contohnya, promosi sepeda motor Yamaha X-Ride yang membuat
event tour adventure sambil memberi bantuan dana ke tempat tour adventure yang
dituju. Atau setiap penjualan 1 sepeda motor Yamaha X-Ride, 1% dari harganya
disumbangkan untuk perbaikan jalan di daerah – daerah terpencil.
Nama : Puspita Dira
NRP : 1110411065
Manajemen Event kelas C
Tidak ada komentar:
Posting Komentar